SOP Sekretariat DPRD Siap Diperdakan

Selasa, 1 Mei 2012

Elita baru lagiTANJUNG REDEB- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Berau mengajukan 2 Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif yaitu Raperda   Standar Operasional Prosedur (SOP) Sekretariat DPRD, dan Raperda  Sumbangan pihak ke tiga.
Ketua DPRD Berau Ir Hj Elita Herlina menyebutkan Raperda inisiatif ini merupakan sebuah prestasi dan bentuk perhatian DPRD Berau terhadap pembangunan di Berau. “Rencana ini akan kita lanjutkan untuk mekanisme pembahasan, yang jelas untuk Raperda SOP Sekretariat DPRD  baru pertama dibuat  di Indonesia ,”  ujar Elita.
  SOP Sekretariat menurut Elita merupakan satu kebijakan yang dianggap perlu diterapkan.
Menurut Elita, kinerja DPRD tidak terlepas dari kinerja Sekretariat. “Baik dan buruknya kinerja sekretariat mempengaruhi kinerja Dewan,” sambungnya.
  Sementara , Ketua Badan legislasi (Banleg) DPRD Berau Rudi Parasian Simangunsong SH mengatakan, bahwa jika cepat disahkan, SOP akan menjadi Perda pertama di Indonesia.
  Rudi menilai kinerja sekretariat  selama ini  belum terstandar secara  baik dan tertata hingga  kerap  menimbulkan salah tafsir  baik dikalangan  dewan maupun sekretariat.
  Sedikit membeberkan SOP itu kelak akan mengatur semua lingkup kerja Sekretariat yang pada akhirnya memunculkan satu hasil dalam mendukung optimalisasi dewan baik didalam maupun diluar daerah.  “Hari ini sampaikan Raperdanya untuk kemudian Banleg akan membahas untuk kemudian disahkan, semoga adanya Perda itu kelak akan meningkatkan kinerja perangkat di dewan juga kepada kami selaku wakil rakyat,” ujar Rudi  lagi.
  Sementara  Raperda sumbangan pihak ketiga mencoba menjabarkan   pada  larangan  pemerintah pusat bagi daerah menarik sumabngan dari pihak ketiga.tim